Belajar Cara Belajar

Malas. Alasan klasik seseorang tak bisa berimprovisasi. Untuk memulai sangatlah sulit, tapi jika telah terbiasa melakukannya maka akan menjadi habits.

Ok, jadi langkah pertama ialah NIAT. Kamu memiliki niat gak untuk merubah pribadi malasmu? Berpikirlah jauh, apakah dengan malas kamu bisa sukses/berhasil nantinya? Mimpiiii! Saat kita di MI/SD pastinya sudah bosan mendengar “rajin pangkal pintar, malas pangkal bodoh”. Tapi kita tak pernah meresapi pepatah tersebut, benar kan? Dan pepatah tersebut pun benar adanya.

Setiap kita pasti memiliki cita-cita besar. Ingin jadi dokter, pengusaha, CEO Bank, dan lain mimpi sejenisnya. Tapi akankah cita-cita tersebut akan terwujud dengan hanya berangan? Hanya dengan berdoa?

Mikiiiir! (kata Cak Lontong)

Sudah punya niat untuk berbuat? Itu saja belum cukup jika kita belum berbuat. Sekarang masuk ke tahap selanjutnya, tahap yang paling sulit. Yakni USAHA.

Untuk memulai langkah kedua ini, saya punya tips untuk kamu. InsyaAllah bermanfaat.

Tipsnya ialah jauhi TV, HP, laptop (jika belajarnya menggunakan laptop).

1. Jangan pernah belajar di depan TV, kamu tidak akan fokus. Apalagi kamu belajar sambil nonton dora, aduh jangan. Jauhi!
2. Jauhkan HP saat belajar, radius 10km lah haha. Jangan letakkan HP diatas meja belajarmu atau ditempat kamu belajar. Pasti kamu akan bernafsu untuk mengecek media sosial, facebook & twitter misalnya, benar kan? Jauhi!
3. Jika kamu belajar di laptop (pdf atau di Microsoft word/powerpoint) maka fokuslah. Usahakan di laptopmu tidak ada video/film. Karena di saat kamu dilanda bosan, pasti kamu akan membuka video/film yang akan membuat kamu melupakan tugas kamu sebelumnya, belajar. Maka jauhi!   

Kita punya cara belajar sendiri. Sambil dengar musik, sambil makan snack atau makan orang *eh, ataupun sambil makan harapan dari si dia haha. Nikmati cara belajar kamu sendiri.

Sekarang kamu sudah punya niat & punya cara belajarnya, dan langkah terakhir ialah DOA. Semoga niat & usaha selama ini menjadi berkah dan bermanfaat.

Semoga tulisan ini bermanfaat, mari kita gapai cita-cita kita dengan belajar. Seperti ayat pertama yang diturunkan ke Rasullullah saw “ Iqra’ ”. Jadikan ayat tersebut sebagai motivasi kita dalam belajar.


Terima kasih telah membaca. 

No comments:

Post a Comment

Instagram @rafieqfarazi