PENYESALAN MAHASISWA TENTANG MASA SMA-NYA

Siapa yang tak setuju jika dikatakan masa sekolah yang paling indah, seru, asik, dan penuh drama itu adalah masa SMA. Maka tak jarang kita melihat di wallpaper HP/laptop, dp BBB, pp FB, cover path para mahasiswa-i adalah foto masa SMA bersama teman-temannya.        Masa SMA adalah masa puberty (tidak semua), kelabilan emosi dan hal-hal aneh lainnya dapat dijumpai di masa SMA. Benar kan?

Padahal kuliah itu lebih lama daripada sekolah SMA (kecuali Diploma-1,2,3), tapi masa SMA lebih menyenangkan. Bagaimana bisa? Jawabannya ada di kalian. Tapi bukan itu yang akan coba saya bahas disini, bukan tentang masa-masa indah, pelik, dan lainnya tentang SMA. Tapi sesuai judul diatas, penyesalan apa yang saya maksud?
                
Jadi begini. Berapa IP kalian di semester I, II, III dan lainnya?
Kebanyakan mahasiswa-i anjlok nilainya di semester awal, kenapa? Karena mereka belum menyadari jikalau mereka sudah kuliah, mereka asik bermain layaknya siswa-i SMA. Melihat cogan (cowok ganteng) dan cecan (cewek cantik) di kampus, pergi ke tempat wisata (maklum perantau), sibuk organisasi (terutama himpunan) yang biasanya didorong untuk aktif oleh kakak kelas. Kelabilan di fase ini adalah wajar karena biasanya maba (mahasiswa baru) belum memiliki prinsip hidup yang kuat, oleh karena itu nilai-nilai mereka sangatlah memalukan. Mahasiswa-i mana yang tak mengenal SKS (Sistem Kebut Semalam)?
                
Nah setelah melihat IP yang menyedihkan tersebut maka akan membuat mahasiswa-i mulai membuat target. Nah target inilah yang menjadi animo/cara tersendiri karena setiap orang memiliki cara/pola yang berbeda dalam belajar. Mereka mulai menyusun jadwal belajar, organisasi, dan jalan-jalan yang lebih teratur. Mengerjakan tugas yang bertubi-tubi dari dosen dan tugas pula dari himpunan atau Student Chapter, ataupun UKM mulai terbiasa dan mulai teratur pula.
                
Nah sesuai judul, lalu penyesalan apa yang dirasakan mahasiswa tentang masa SMA-nya? Mungkin ini mulai dirasakan oleh mahasiswa tingkat III (semester V dan VI). Maksudnya?
                
Sadar nggak betapa rajinnya mahasiswa-i mengerjakan tugas, mengerjakan proposal KP (kerja praktek)/organisasi, mengerjakan laporan praktikum, menghafal isi buku yang bejibun itu? Nah kebayang nggak kalau kalian menerapkan kerajinan itu dari masa SMA? Akankah kalian dianggap bodoh saat SMA? Akankah kalian mendapatkan ranking yang buruk? Akankah kalian dikucilkan ketika SMA? Benar kan?
                
Tapi semuanya hanya bisa disesali tanpa bisa merubahnya. Tapi ingat, kita masih bisa merubah masa depan kita. Jangan jadi mahasiswa bodoh, jangan mencontek saat ujian, jangan cuma mampu memberi ide dalam organisasi tanpa aksi.

Masa lalu hanya kenangan, masa kini yang kita lalui akan menentukan masa depan.
Smartphone, dumb people? I don’t think so!  Mari belajar.

                 

1 comment:

  1. masa sma adalah masa yang tidak terlupakan,sedia payung sebelum hujan , sebelum anda terjun ke dunia kerja baiknya mempersiapkan dengan banyak softskill, ikuti Kursus Bahasa Inggris Bisnis agar anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik saat mencari pekerjaan setelah lulus

    ReplyDelete

Instagram @rafieqfarazi